Tomundo Banggai

TOMUNDO  BANGGAI  SIAPA  DAN BAGAIMANA

SUATU KETIKA SEORANG TEMAN BERTANYA  SEBENARNYA  SIAPA DAN BAGAIMANA  PROSESNYA SEHINGGA SESEORANG ITU BISA DI ANGKAT MENJADI SEORANG TOMUNDO BANGGAI ?

SUATU PERTANYAAN YANG MENARIK DAN SULIT UNTUK DI JAWAB BERDASARKAN LOGIKA BERPIKIR AWAM SERTA SEJARAH, MENARIK DALAM ARTIAN BAHWA SEORANG TOMUNDO ( RAJA ) BANGGAI DALAM KONTEKS BERPIKIR ORANG TUA  ( PAU BAKALINGA )  ADALAH MEREKA YANG DI PERCAYAKAN UNTUK MEMIMPIN BANGGAI DALAM HAL INI KERAJAAN. ( ADAT ). MEMPUNYAI MAKNA YANG MENDALAM , SEORANG TOMUNDO  DALAM ISTILAH LAIN ADHI BANGGAI  ADALAH SIMBOL DARI HUBUNGAN ANTARA MANUSIA SEBAGAI CIPTAAN  DAN TUHAN SEBAGAI PENCIPTA.

SEHINGGA UNTUK MENJADI SEORANG TOMUNDO (ADHI BANGGAI ) YANG BERSANGKUTAN HARUSLAH MEMAHAMI HUBUNGAN INI.  KARENA ADAT BANGGAI SELALU BERSENDIKAN SYARAH YANG BERSENDI KITABULLAH. PERAN SERTA BASALO SANGKAP DALAM HAL INI SANGATLAH BESAR, MEREKA BUKAN HANYA MELANTIK SANG TOMUNDO TAPI MEREKA JUGA YANG MEN “ DUDUK “ KAN TOMUNDO INI DALAM POSISI YANG SEBENARNYA,
 
DALAM BUDAYA ADAT BANGGAI ADA TIGA KOMPONEN ADAT YANG SALING MEMPENGARUHI SATU SAMA LAIN YAITU  BAKAMALIAN, BABASALOAN DAN BATOMUNDOAN TIGA KOMPONEN ADAT INI SEHARUSNYA MENYATU UNTUK MENENTUKAN SIAPA YANG MENJADI PEMIMPIN ( TOMUNDO ), MENGAPA ?  KITA SEHARUSNYA BERBANGGA , LELUHUR KITA SANGATLAH  BIJAKSANA DENGAN MENCERITAKAN  PROSES PENCARIAN SEORANG RAJA KETIKA MASA KEKOSONGAN PEMERINTAHAN DI AWAL KEPULANGAN  MBUMBU DOI DJAWA KE TANAH DJAWA 1600M, CERITA INI MENGAPA ABADI SAMPAI SEKARANG ? YA.. KARENA ITULAH CONTOH BAGAIMANA  SEORANG TOMUNDO DI CARI DAN DI DUDUKAN . PROSES AWAL PENCARIAN YANG DILAKUKAN OLEH BABASALOAN, DENGAN KRITERIA YANG DI BERIKAN OLEH BAKAMALIAN SEHINGGA DI TEMUKAN SANG ANAK DENGAN GASINGNYA YANG AKAN MENJADI ADHI BANGGAI ITU ( BATOMUNDOAN ) MENGAPA KITA TIDAK MENGAMBIL ITIBAR ITU DALAM PROSES PENCARIAN DAN PELANTIKAN TOMUNDO ,  CONTOH CERITA ITU  KITA JADIKAN  PEDOMAN SEHINGGA TIGA KOMPONEN ADAT INI AKAN SALING BERTAUTAN SATU SAMA LAIN,
SEHINGGA BABASALOAN BUKANLAH LEMBAGA MUTLAK YANG MENGANGKAT DAN MEMBERHENTIKAN TOMUNDO TETAPI MEREKA JUGA PUNYA HUBUNGAN DENGAN  BAKAMALIAN  , BAGAIMANA  SEORANG BASALO BISA MENGETAHUI KRITERIA SEORANG RADJA KALAU TIDAK ADA CAMPUR TANGAN BAKAMALIAN .DAN PASTI PARA BASALO TAU DARI MANA MEREKA KELUAR. DAN KITA HARUS INGAT CERITA ITU.
DAN MENGAPA DUA KOMPONEN ADAT ( BABASALOAN DAN BAKAMALIAN ) MEREKA TIDAK IKUT DALAM URUSAN PEMERINTAHAN ( BATOMUNDOAN ) ?  JELASLAH KALAU KITA BUKA CATATAN SEJARAH AKHIR ABAD 15 SAAT PERIODE  BAKAMALIAN INI MUNCUL, BABASALOAN SUDAH LEBIH DULU ADA DAN BERSATU SETELAH DI PERSATUKAN OLEH MBUMBU DOI DJAWA, PERIODE INI BAKAMALIAN ADA, PROSES PENCARIAN SANG ADHI DENGAN CERITA BAGASING INI DI MULAI, SEBENARNYA KITA HARUSLAH BIJAKSANA MENYIKAPI INI  . SEHINGGA SEKARANG KITA DAPAT MELIHAT BAGAIMANA PROSES PELANTIKAN TOMUNDO , BAKAMALIAN MELAKUKAN RITUAL MENUTUP TOMUNDO DENGAN KAIN.

SEJARAH MENCERITAKAN KEPADA KITA  SEBELUM MBUMBU DOI GODONG BERKUASA PERIODE ITU ADALAH PERIODE  BAKAMALIAN ARTINYA PERIODE TERSEBUT LANGSUNG DARI SUMBERNYA. MUNGKIN WALAUPUN TANPA PROSES PENCARIAN,  SEORANG YANG MENJADI ADHI BANGGAI DARI KOMPONEN INI AKAN DAPAT DI JADIKAN PANUTAN  KARENA KITA ORANG BANGGAI YAKIN DAN PERCAYA  BAHWA PROSES ILMU HIKMAH TERSEBUT ADA DALAM KOMPONEN INI. TAPI SEKALI LAGI SEJARAH MENGATAKAN LAIN PERIODE SELANJUTNYA YANG SUDAH ADA CAMPUR TANGAN PIHAK ASING ( VOC ) TERHADAP KERAJAAN-KERAJAAN DI INDONESIA MULAI TERASA,ADANYA PERJANJIAN BUNGAYA MISALNYA TENTANG PENETAPAN DAERAH KEPEMILIKAN TERNATE DAN GOWA, SEHINGGA MELIHAT INI SEBAGAI SEORANG PENYIAR AGAMA YANG ILMU HIKMAHNYA LEBIH DARI KEBANYAKAN ( KARAMAH ) MBUMBU SEPULANGNYA DARI TANAH DJAWA MENUTUP MASA KEEMASAN KAMALIAN INI DENGAN  MENINGGALKAN JEJAK (BEKAS) DARI KEMEGAHAN ILMU DI TANAH BANGGAI.

PROSES INI SEBENARNYA TIDAK BERAKHIR… DENGAN CERITA PROSES PENCARIAN TOMUNDO YANG DI CERITAKAN KEPADA KITA.  INILAH LELUHUR KITA MEMBERIKAN NASEHAT DAN TITIPAN BAGAIMANA PROSES PENCARIAN TERSEBUT SEHINGGA PROSES AWALNYA DARI BAKAMALIAN TIDAK PUTUS, KALAU KITA MENGIBARATKAN BAHWA BAKAMALIAN ADALAH YANG TERSEMBUNYI MAKA BATOMUNDOAN ADALAH YANG TERLIHAT, SEHINGGA BABASALOAN MEREKA ADALAH MEDIA ANTARA KEDUANYA.

SEHINGGA TOMUNDO YANG DI ANGKAT  DAN DI TETAPKAN OLEH BASALO MEMPUNYAI HATI BAKAMALIAN  ( AGAMA ) DAN TUBUHNYA ADALAH BATOMUNDOAN ( DUNIA ) ..
SEMAKIN SEMPURNA KALAU KITA MASUK KE DALAM PROSES ITU.
KEDUDUKAN BASALOLAH YANG MENENTUKAN  APA SEORANG ADHI BANGGAI AKAN TETAP  ABADI ATAU HANYA SEUMUR JAGUNG. DAN KAMI  YAKIN  SETIAP BASALO TAU AKAN KEDUDUKANNYA.

SEHINGGA TIBALAH SANG ADHI BANGGAI ITU DALAM FALSAFAH BANGGAI ITU SENDIRI

  •       NONDOK :

SELALU MEMPERBAIKI DAN MENGEVALUASI DIRI, SEBAGAIMANA SUMPAH YANG DI TERIMANYA BAHWA AWAL MULA KEJADIAN DIRINYA SAMA TAK BEDA DENGAN MASYARAKAT YANG DI PIMPINNYA DAN YANG MANA DALAM MENJALANKAN PEMERINTAHANNYA SEGALA YANG HIDUP MENJADI SAKSI APA YANG DI LAKUKAN DI HADAPAN PENCIPTANYA.


  •     .      SABAR


DALAM MENJALANKAN PEMERINTAHANNYA SEBAGAIMANA DUDUKNYA PADA WAKTU DI KUKUHKAN BERKENDARAAN NAFSU  DAN YANG MANA NAFSU ITU YANG MENJADIKAN SAMPAINYA MANUSIA KEPADA PENCIPTANYA YANG DI RIDHOISEBALIKNYA BILAMANA NAFSU ITU TURUN DERAJATNYA PADA TEMPAT YANG RENDAH LAGI HINA, MAKA AKAN MENJERUMUSKAN DIRINYA KEDALAM KEMATIAN YANG HINA DI HADAPAN TUHANNYA.


  •       MOLOYOS

SELALU LURUS DAN ADIL DALAM MENJALANKAN PEMERINTAHANNYA, MEMUTUSKAN PERKARA DENGAN LURUS DAN SEADIL-ADILNYA ( NATAPE KO PERKARA )


  •  .      BISA


SEGALA APA YANG DI LAKUKAN DI PANDANG JELAS ADALAH KUASANYA ALLAH, MANUSIA TIDAK MEMBERI BEKAS APAPUN SEBAGAIMANA PENCIPTAANYA DARI PADA RAHASIA DZATNYA, SEGALA BENTUK BAYANGAN ADALAH NURNYA, JALALINYA, NUR JAMALINYA, NUR KAHARUNYA DAN NUR KAMALINYA SEHINGGA KEHENDAKNYA ADALAH KUASANYA ALLAH, PENDENGARANNYA KEHENDAKNYA ALLAH, PENGLIHATANNYA KEHENDAKNYA ALLAH, PERKATAANNYA KEHENDAKNYA ALLAH, PERASAANNYA KEHENDAKNYA ALLAH, DAN PERBUATANYA KEHENDAKNYA ALLAH. SEHINGGA SEGALA APA YANG DI LAKUKAN MENDAPAT RIDHO DARI ALLAH SWT.

  • .        TUMBUNGGU


PENCIPTA YANG MAHA KUASA ALLAH SWT, DIRINYA YAKIN DENGAN SEGALA APA YANG ALLAH  FAHAMKAN  KEPADANYA SEHINGGA DIRINYA MENGENAL DENGAN SEBAIK-BAIK PENGENALAN   ( MA’RIFATULLAH)
LAKSANA MANUSIA FANA DALAM SATU TITIK  DI BAWAH HURUF NYA      BAبݕ) 

DAN ADALAH RAHASIA YANG NYATA ( NGGAI  = DI LARANG UNTUK DI SEBUT TANPA ADAB)

SELALU BERTAUHID YANG  JELAS TERHADAP TUHANNYA (ADHI )

ADHI –BA—NGGAI  ARTINYA MANUSIA YANG SELALU BERTAUHID KEPADA TUHANNYA DAN MEMEGANG TEGUH ADAT YANG BERADAB  DALAM RUPA HURUF  WAW DALAM KANDUNGAN BERMAKNA KHALIFATULLAH DI BUMI RAHMAT BAGI SELURUH ALAM.

SEMOGA INI DAPAT MENJADI RENUNGAN KITA SEMUA BAHWA PROSES MENDUDUKAN SEORANG TOMUNDO DALAM ADAT BANGGAI YANG BERSENDI SYARAH BERSENDI KITABULLAH BUKANLAH HAL YANG GAMPANG  ATAUPUN INSTAN, MARILAH KITA IKUTI TAHAPAN SEBAGAIMANA DI CONTOHKAN  DENGAN CERITA YANG MENGANDUNG MAKNA OLEH LELUHUR KITA, SEHINGGA KITA SEBAGAI GENERASI KEMUDIAN TIDAK HANYA SEKEDAR MENCUCI TANGAN DENGAN APA YANG TELAH KITA PERBUAT  PADA MASA YANG LALU.
SEMOGA ALLAH SWT SANG PEMILIK SEGALA SESUATU MEMBERIKAN HIDAYAH DAN RAHMAT BAGI KITA DAN NEGERI YANG KITA CINTAI INI , SEMOGA………



KOMUNITAS LIPU PAU BASAL.

Komentar