TOMUNDO BANGGAI SIAPA
DAN BAGAIMANA
SUATU
KETIKA SEORANG TEMAN BERTANYA
SEBENARNYA SIAPA DAN
BAGAIMANA PROSESNYA SEHINGGA SESEORANG
ITU BISA DI ANGKAT MENJADI SEORANG TOMUNDO BANGGAI ?
SUATU
PERTANYAAN YANG MENARIK DAN SULIT UNTUK DI JAWAB BERDASARKAN LOGIKA BERPIKIR
AWAM SERTA SEJARAH, MENARIK DALAM ARTIAN BAHWA SEORANG TOMUNDO ( RAJA ) BANGGAI
DALAM KONTEKS BERPIKIR ORANG TUA ( PAU
BAKALINGA ) ADALAH MEREKA YANG DI
PERCAYAKAN UNTUK MEMIMPIN BANGGAI DALAM HAL INI KERAJAAN. ( ADAT ). MEMPUNYAI
MAKNA YANG MENDALAM , SEORANG TOMUNDO
DALAM ISTILAH LAIN ADHI BANGGAI
ADALAH SIMBOL DARI HUBUNGAN ANTARA MANUSIA SEBAGAI CIPTAAN DAN TUHAN SEBAGAI PENCIPTA.
SEHINGGA
UNTUK MENJADI SEORANG TOMUNDO (ADHI BANGGAI ) YANG BERSANGKUTAN HARUSLAH
MEMAHAMI HUBUNGAN INI. KARENA ADAT
BANGGAI SELALU BERSENDIKAN SYARAH YANG BERSENDI KITABULLAH. PERAN SERTA BASALO
SANGKAP DALAM HAL INI SANGATLAH BESAR, MEREKA BUKAN HANYA MELANTIK SANG TOMUNDO
TAPI MEREKA JUGA YANG MEN “ DUDUK “ KAN TOMUNDO INI DALAM POSISI YANG
SEBENARNYA,
DALAM
BUDAYA ADAT BANGGAI ADA TIGA KOMPONEN ADAT YANG SALING MEMPENGARUHI SATU SAMA
LAIN YAITU BAKAMALIAN, BABASALOAN DAN
BATOMUNDOAN TIGA KOMPONEN ADAT INI SEHARUSNYA MENYATU UNTUK MENENTUKAN
SIAPA YANG MENJADI PEMIMPIN ( TOMUNDO ), MENGAPA ? KITA SEHARUSNYA BERBANGGA , LELUHUR KITA
SANGATLAH BIJAKSANA DENGAN
MENCERITAKAN PROSES PENCARIAN SEORANG
RAJA KETIKA MASA KEKOSONGAN PEMERINTAHAN DI AWAL KEPULANGAN MBUMBU DOI DJAWA KE TANAH DJAWA 1600M, CERITA
INI MENGAPA ABADI SAMPAI SEKARANG ? YA.. KARENA ITULAH CONTOH BAGAIMANA SEORANG TOMUNDO DI CARI DAN DI DUDUKAN .
PROSES AWAL PENCARIAN YANG DILAKUKAN OLEH BABASALOAN, DENGAN KRITERIA YANG DI
BERIKAN OLEH BAKAMALIAN SEHINGGA DI TEMUKAN SANG ANAK DENGAN GASINGNYA YANG
AKAN MENJADI ADHI BANGGAI ITU ( BATOMUNDOAN ) MENGAPA KITA TIDAK MENGAMBIL
ITIBAR ITU DALAM PROSES PENCARIAN DAN PELANTIKAN TOMUNDO , CONTOH CERITA ITU KITA JADIKAN
PEDOMAN SEHINGGA TIGA KOMPONEN ADAT INI AKAN SALING BERTAUTAN SATU SAMA
LAIN,
SEHINGGA
BABASALOAN BUKANLAH LEMBAGA MUTLAK YANG MENGANGKAT DAN MEMBERHENTIKAN TOMUNDO
TETAPI MEREKA JUGA PUNYA HUBUNGAN DENGAN
BAKAMALIAN , BAGAIMANA SEORANG BASALO BISA MENGETAHUI KRITERIA
SEORANG RADJA KALAU TIDAK ADA CAMPUR TANGAN BAKAMALIAN .DAN PASTI PARA BASALO
TAU DARI MANA MEREKA KELUAR. DAN KITA HARUS INGAT CERITA ITU.
DAN
MENGAPA DUA KOMPONEN ADAT ( BABASALOAN DAN BAKAMALIAN ) MEREKA TIDAK IKUT DALAM
URUSAN PEMERINTAHAN ( BATOMUNDOAN ) ?
JELASLAH KALAU KITA BUKA CATATAN SEJARAH AKHIR ABAD 15 SAAT PERIODE BAKAMALIAN INI MUNCUL, BABASALOAN SUDAH LEBIH
DULU ADA DAN BERSATU SETELAH DI PERSATUKAN OLEH MBUMBU DOI DJAWA, PERIODE INI
BAKAMALIAN ADA, PROSES PENCARIAN SANG ADHI DENGAN CERITA BAGASING INI DI MULAI,
SEBENARNYA KITA HARUSLAH BIJAKSANA MENYIKAPI INI . SEHINGGA SEKARANG KITA DAPAT MELIHAT
BAGAIMANA PROSES PELANTIKAN TOMUNDO , BAKAMALIAN MELAKUKAN RITUAL MENUTUP
TOMUNDO DENGAN KAIN.
SEJARAH
MENCERITAKAN KEPADA KITA SEBELUM MBUMBU
DOI GODONG BERKUASA PERIODE ITU ADALAH PERIODE
BAKAMALIAN ARTINYA PERIODE TERSEBUT LANGSUNG DARI SUMBERNYA. MUNGKIN
WALAUPUN TANPA PROSES PENCARIAN, SEORANG
YANG MENJADI ADHI BANGGAI DARI KOMPONEN INI AKAN DAPAT DI JADIKAN PANUTAN KARENA KITA ORANG BANGGAI YAKIN DAN PERCAYA BAHWA PROSES ILMU HIKMAH TERSEBUT ADA DALAM
KOMPONEN INI. TAPI SEKALI LAGI SEJARAH MENGATAKAN LAIN PERIODE SELANJUTNYA YANG
SUDAH ADA CAMPUR TANGAN PIHAK ASING ( VOC ) TERHADAP KERAJAAN-KERAJAAN DI
INDONESIA MULAI TERASA,ADANYA PERJANJIAN BUNGAYA MISALNYA TENTANG PENETAPAN DAERAH
KEPEMILIKAN TERNATE DAN GOWA, SEHINGGA MELIHAT INI SEBAGAI SEORANG PENYIAR
AGAMA YANG ILMU HIKMAHNYA LEBIH DARI KEBANYAKAN ( KARAMAH ) MBUMBU SEPULANGNYA
DARI TANAH DJAWA MENUTUP MASA KEEMASAN KAMALIAN INI
DENGAN MENINGGALKAN JEJAK (BEKAS) DARI
KEMEGAHAN ILMU DI TANAH BANGGAI.
PROSES
INI SEBENARNYA TIDAK BERAKHIR… DENGAN CERITA PROSES PENCARIAN TOMUNDO YANG DI
CERITAKAN KEPADA KITA. INILAH LELUHUR
KITA MEMBERIKAN NASEHAT DAN TITIPAN BAGAIMANA PROSES PENCARIAN TERSEBUT
SEHINGGA PROSES AWALNYA DARI BAKAMALIAN TIDAK PUTUS, KALAU KITA MENGIBARATKAN
BAHWA BAKAMALIAN ADALAH YANG TERSEMBUNYI MAKA BATOMUNDOAN ADALAH YANG TERLIHAT,
SEHINGGA BABASALOAN MEREKA ADALAH MEDIA ANTARA KEDUANYA.
SEHINGGA
TOMUNDO YANG DI ANGKAT DAN DI TETAPKAN
OLEH BASALO MEMPUNYAI HATI BAKAMALIAN (
AGAMA ) DAN TUBUHNYA ADALAH BATOMUNDOAN ( DUNIA ) ..
SEMAKIN
SEMPURNA KALAU KITA MASUK KE DALAM PROSES ITU.
KEDUDUKAN
BASALOLAH YANG MENENTUKAN APA SEORANG
ADHI BANGGAI AKAN TETAP ABADI ATAU HANYA
SEUMUR JAGUNG. DAN KAMI YAKIN SETIAP BASALO TAU AKAN KEDUDUKANNYA.
SEHINGGA
TIBALAH SANG ADHI BANGGAI ITU DALAM FALSAFAH BANGGAI ITU SENDIRI
- NONDOK :
SELALU MEMPERBAIKI DAN MENGEVALUASI DIRI, SEBAGAIMANA
SUMPAH YANG DI TERIMANYA BAHWA AWAL MULA KEJADIAN DIRINYA SAMA TAK BEDA DENGAN
MASYARAKAT YANG DI PIMPINNYA DAN YANG MANA DALAM MENJALANKAN PEMERINTAHANNYA
SEGALA YANG HIDUP MENJADI SAKSI APA YANG DI LAKUKAN DI HADAPAN PENCIPTANYA.
- . SABAR
DALAM MENJALANKAN PEMERINTAHANNYA SEBAGAIMANA DUDUKNYA PADA
WAKTU DI KUKUHKAN BERKENDARAAN NAFSU DAN
YANG MANA NAFSU ITU YANG MENJADIKAN SAMPAINYA MANUSIA KEPADA PENCIPTANYA YANG
DI RIDHOISEBALIKNYA BILAMANA NAFSU ITU TURUN DERAJATNYA PADA TEMPAT YANG RENDAH
LAGI HINA, MAKA AKAN MENJERUMUSKAN DIRINYA KEDALAM KEMATIAN YANG HINA DI
HADAPAN TUHANNYA.
- MOLOYOS
SELALU LURUS DAN ADIL DALAM MENJALANKAN PEMERINTAHANNYA,
MEMUTUSKAN PERKARA DENGAN LURUS DAN SEADIL-ADILNYA ( NATAPE KO PERKARA )
- . BISA
SEGALA APA YANG DI LAKUKAN DI PANDANG JELAS ADALAH KUASANYA
ALLAH, MANUSIA TIDAK MEMBERI BEKAS APAPUN SEBAGAIMANA PENCIPTAANYA DARI PADA
RAHASIA DZATNYA, SEGALA BENTUK BAYANGAN ADALAH NURNYA, JALALINYA, NUR
JAMALINYA, NUR KAHARUNYA DAN NUR KAMALINYA SEHINGGA KEHENDAKNYA ADALAH KUASANYA
ALLAH, PENDENGARANNYA KEHENDAKNYA ALLAH, PENGLIHATANNYA KEHENDAKNYA ALLAH,
PERKATAANNYA KEHENDAKNYA ALLAH, PERASAANNYA KEHENDAKNYA ALLAH, DAN PERBUATANYA
KEHENDAKNYA ALLAH. SEHINGGA SEGALA APA YANG DI LAKUKAN MENDAPAT RIDHO DARI
ALLAH SWT.
- . TUMBUNGGU
PENCIPTA YANG MAHA KUASA ALLAH SWT, DIRINYA YAKIN DENGAN
SEGALA APA YANG ALLAH FAHAMKAN KEPADANYA SEHINGGA DIRINYA MENGENAL DENGAN
SEBAIK-BAIK PENGENALAN ( MA’RIFATULLAH)
LAKSANA MANUSIA
FANA DALAM SATU TITIK DI BAWAH HURUF
NYA BAبݕ)
DAN ADALAH RAHASIA YANG NYATA ( NGGAI = DI LARANG UNTUK DI SEBUT TANPA ADAB)
SELALU BERTAUHID YANG
JELAS TERHADAP TUHANNYA (ADHI )
ADHI –BA—NGGAI ARTINYA MANUSIA YANG SELALU BERTAUHID KEPADA
TUHANNYA DAN MEMEGANG TEGUH ADAT YANG BERADAB
DALAM RUPA HURUF WAW DALAM
KANDUNGAN BERMAKNA KHALIFATULLAH DI BUMI RAHMAT BAGI SELURUH ALAM.
SEMOGA INI DAPAT MENJADI RENUNGAN KITA SEMUA BAHWA PROSES
MENDUDUKAN SEORANG TOMUNDO DALAM ADAT BANGGAI YANG BERSENDI SYARAH BERSENDI
KITABULLAH BUKANLAH HAL YANG GAMPANG
ATAUPUN INSTAN, MARILAH KITA IKUTI TAHAPAN SEBAGAIMANA DI CONTOHKAN DENGAN CERITA YANG MENGANDUNG MAKNA OLEH
LELUHUR KITA, SEHINGGA KITA SEBAGAI GENERASI KEMUDIAN TIDAK HANYA SEKEDAR
MENCUCI TANGAN DENGAN APA YANG TELAH KITA PERBUAT PADA MASA YANG LALU.
SEMOGA ALLAH SWT SANG PEMILIK SEGALA
SESUATU MEMBERIKAN HIDAYAH DAN RAHMAT BAGI KITA DAN NEGERI YANG KITA CINTAI INI
, SEMOGA………
KOMUNITAS LIPU PAU BASAL.
Komentar
Posting Komentar